Cara Merawat Kelinci Dengan Benar


                                                            sumber : google

Assalamualaikum sodara semua yang membaca postingan ini. Bagi kalian yang suka memelihara kelinci, apakah sudah
melakukan perawatan dengan benar. Di sini saya akan membagikan artikel seputar cara merawat
kelinci dengan baik dan benar. Nih...buat kalian para pemula yang ingin merawat hewan lucu ini, silahkan dibaca dengan seksama ya?semoga bermanfaat ya..

1. Cek kondisi kandangnya setiap hari
                                       sumber: google

yang pertama, selalu cek kondisi kandangnya, dan jangan lupa untuk dibersihkan. Kandang yang selalu bersih membuat kelinci semakin betah dan nyaman untuk tinggal disana. seperti halnya manusia, jika rumah kita setiap hari dibersihkan, maka kita akan akan merasa betah untuk menempatinya. Membersihkan kandang bisa dilakukan dengan mengambil kotoran-kotoran kelinci, lalu disiram dengan air bersih.

2. Beri makanan yang sehat
                                       sumber:google
 kelinci juga memerlukan makanan yang sehat, seperti kangkung, wortel, kubis, jagung, dll. Namun saya sarankan jangan terlalu banyak memberi makan kangkung, karena bisa menyebabkan kelinci diare. Lebih baik jenis makanannya diatur, misalnya dua hari ini kelinci diberi kangkung, lalu dua hari berikutnya wortel, dua hari selanjutnya lagi diberi jagung, dst. Bisa dibilang kelinci adalah hewan yang tidak mengenal kenyang. kita bisa memberinya makan sehari 3 kali.



3. Beri asupan mineral (air)
                                                 sumber:google
Selain makan yang sehat, kamu juga harus memberikan minum. caranya, letakkan air bersih di baskom kecil, lalu letakkan di kandangnya. kamu juga harus melatih kelinci untuk meminum air tersebut. Cara yang lain adalah dengan memberi air ke dalam botol/dot minum hamster. Juga jangan lupa untuk selalu mengganti airnya.

4. Perhatikan kesehatan dan kebersihan kelinci
                                      sumber:google


Berilah kasih sayang terhadap kelinci, seperti rutin mengecek kondisi kesehatannya, dan membersihkan tubuhnya. Kamu juga bisa rutin memandikan dan membersihkan telinganya seminggu sekali.

5. Buatlah area bermain
                                        sumber: google
Kelinci juga memerlukan aktivitas gerak. Kita bisa membuat lubang-lubangan untuk tempat bermain kelinci. Keluarkan kelinci dari kandangnya, dan berikan waktu sekitar 1 jam untuk kebebasan kelinci dalam menggerakkan otot-ototnya.




Itu adalah beberapa tips untuk merawat kelinci dengan benar. Semakin baik perawatan yang
diberikan kepada kelinci, semakin lama pula kelinci dapat bertahan hidup. semoga bermanfaat:)
















0 komentar: