5 Contoh Tanaman Parasit


Tumbuhan parasit yaitu tumbuhan yang menggantungkan hidupnya pada tumbuhan lain. Tumbuhan parasit digolongkan sebagai tanaman perusak. Namun beberapa ada yang tidak merugikan tumbuhan yang sedang ditumpangi, hubungan kedua tumbuhan itu biasa disebut simbiosis komensalisme, dimana komponen yang satu diuntungkan, tapi yang lain tidak dirugikan. Ada yang hanya menumpang karena ingin mendapat air/mineral dari dalam tanah. Berikut adalah 5 contoh tanaman parasit.



1. Benalu


Jenis ini termasuk tumbuhan yang merugikan. Karena tumbuhan ini menyerap sari makanan terhadap tumbuhan yang sedang ditumpanginya. Benalu hidup dan tumbuh di dahan pohon lain. Dan sering kita jumpai di pohon pohon besar seperti pohon mangga. Benalu menghasilkan getah seperti lem. Jika dibiarkan, lama-kelamaan akan bertambah banyak, akibatnya inang menjadi kurus dan pohon yang ditumpangi akan mati. Jadi jangan menjadi seperti benalu yang hanya menumpang pada kepentingan orang lain tanpa berusaha sendiri.

2. Tali Putri


Tali putri atau cuscuta bergantung sepenuhnya pada tanaman inang untuk mendapat nutrisi. Tali putri terbagi menjadi 2 jenis,yaitu hemiparasit dan holoparasit. Dimana hemiparasit adalah jenis yang mempunyai klorofil dan dapat melakukan fotosintesis. Sedangkan holoparasit adalah jenis yang tidak memiliki parasit dan tidak bisa berfotosintesis.

3. Anggrek Sarang Burung


Anggrek Sarang Burung memiliki bunga yang mirip seperti bunga lavender hanya saja bunganya berwarna putih. Tanaman ini tidak bisa melakukan fotosintesi karena tidak berklorofil.

4. Cendana


Dikatakan tumbuhan parasit, karena akar tanaman ini menempel pada akar tanaman lain. Di sisi lain, tanaman ini menghasilkan kayu dan minyak cendana, yang merupakan bahan pembuatan parfum. Namun keberadaannya saat ini mulai terancam langka.

5.  Padma


Tanaman ini berasal dari genus rafflesia. Dikatakan parasit karena tumbuh pada jaringan tumbuhan yang merambat. Tumbuhan ini tidak bisa berfotosintesis, karena hanya memiliki bunga, tapi tidak memiliki daun.












0 komentar: