Tanaman Hias Penyerap Racun Rokok Dan Racun Udara


Beberapa akhir hari ini,sering kita jumpai pencemaran terhadap lingkungan di sekitar kita. terutama polusi udara. Entah itu disebabkan asap pabrik industri, asap kendaraan bermotor, atau bahkan asap rokok. Maraknya kasus tersebut bisa mengganggu aktivitas masyarakat dan memberikan dampak
negatif bagi kesehatan pernafasan. Beberapa cara dapat kita lakukan dengan program penghijauan dan reboisasi. Namun alangkah baiknya jika kita ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi dari polusi udara, walaupun dengan langkah kecil. Berikut ini ada beberapa tanaman hias yang bisa kalian tanam di halaman rumah untuk menyerap racun rokok atau asap racun udara.

1. Spider Plant (chlorophytum comosum)



Tanaman hias yang berasal dari Afrika yang kini tersebar di seluruh penjuru dunia ini memiliki ketinggian yang mencapai 60 cm.Tanaman hias ini terbukti mampu menyerap benzena, karbon monoksida, formaldehida, xilena, bahan kimia industri karet serta percetakan.

2. Lidah Mertua (sansevieria trifasciata)




Tanaman ini yang mampu menetralisir berbagai macam racun yang ada di udara. Diantaranya adalah nikotin, karbonmonoksida, formaldehide, trichloroethylene, benzene, hingga dioksin. Dan bahkan hanya dengan lima helai daun lidah mertua dewasa mampu menyerap dan membersihkan racun ruangan seluas 100 m3.

Tanaman ini mempunyai kemampuan mengubah CO2 menjadi oksigen dengan baik di malam hari. Pastikan ada sinar matahari untuk tanaman cantik ini.

3. Lidah Buaya (aloe vera)




Tanaman yang sering digunakan sebagai penyembuh luka, penyubur rambut dan sekarang ini mulai dikembangkan sebagai bahan farmasi, industri kosmetik serta makanan-minuman kesehatan ini ternyata juga memiliki kemmpuan sebagai penyerap polutan.

Lidah buaya terbukti mampu menetralisir formaldehida, formalin, racun benzena serta berbagai macam bahan kimia lainnya.

4. Sirih Gading (epipremnum aureum)




Tak hanya senyawa benzena, tanaman sirih belanda juga mampu menyerap senyawa formaldehida. Tanaman hias ini berasal dari keluarga araceae, merupakan tanaman yang berasal dari Australia, Indochina, Jepang, Malenesia, India, dan China.

5. Bunga Peace Lily



Bunga lili dengan jenis peace lily dikenal paling efektif dalam menyerap dan menetralisasi senyawa benzena yang ada dalam asap rokok.

Bunga cantik ini dapat ditempatkan di dalam ruangan seluas 9 - 10 meter persegi untuk menjadi penawar racun dari asap rokok.

Bunga lily dapat menyerap racun dari alkohol, aseton, trikloro, dan formaldehida yang dapat ditemukan pada alat tulis kantor.

6. Pakis Boston



Tanaman ini tidak tahan panas dan bisa menyimpan asupan air yang cukup banyak. Biasa ditanam langsung di tanah, di dalam pot atau juga digantung. Anda pun dapat menempatkan dua pot pakis boston di dalam ruangan seluas 30 meter persegi.

Dapat menyerap polusi udara dan membersihkan udara di dalam ruangan anda.

Senyawa xylene dalam asap rokok dapat diserap stomata dari tanaman yang satu ini. Nantinya senyawa tersebut masuk ke dalam sistem metabolisme pakis buston, lalu diubah menjadi zat bermanfaat.

7. Gerbera



Bunga yang satu ini sangat tidak asing untuk dijadikan hiasan rumah. Ternyata, di balik bentuknya yang cantik, gerbera mampu menyerap 90% asap rokok dan gas polutan lainnya.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menghasilkan uap air yang dapat membuat udara di ruangan menjadi semakin segar.

Itu beberapa tanaman hias yang bisa menyerap asap rokok dan racun udara lainnya. Tidak hanya mempercantik rumah, Ternyata beberapa tanaman di atas sangat membantu dalam mengurangi polutan.   

















0 komentar: