7 Hewan Yang Menguntungkan


Disetiap dalam suatu ekosistem terdapat 2 macam komponen, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Pada komponen biotik terdapat manusia, hewan, dan tumbuhan. Dimana ketiganya saling membutuhkan untuk melangsungkan kehidupan. Kali ini kita membahas salah satu komponen biotik yaitu hewan. Sebagian masyarakat memelihara hewan untuk kebutuhan tertentu. Entah untuk diambil daging dan kulitnya, untuk menjaga rumah, atau hanya untuk kesenangan semata. Dibawah ini saya akan membahas 7 hewan yang menguntungkan.


1. Sapi


Sapi merupakan mamalia penghasil daging dan susu. Selain itu bisa digunakan untuk membajak sawah. Sapi adalah hewan yang sangat menguntungkan, kotorannya pun bisa dimanfaatkan sebagai pupuk.

2. Lebah


Setelah itu ada lebah yang bermanfaat. Lebah memakan nektar dan bunga sari, serta dibudidayakan untuk menghasilkan madu. Lebah biasa hidup berkelompok. Di dunia ini terdapat sekitar 20.000 lebah yang tersebar di bumi, kecuali belahan antartika.

3. Ayam


Ayam merupakan unggas yang tidak sedikit dipelihara orang untuk berbagai manfaat seperti diambil daging, telur, dan bulunya pun bisa dimanfaatkan untuk membuat kemoceng. Populasinya mencapai 24 miliar di dunia ini, sehingga termasuk jenis burung yang jumlahnya paling banyak.

4. Kuda


Kuda merupakan salah satu dari spesies modern dari genus equus. Hewan ini memegang peranan penting dalam hal mengangkat orang ataupun barang. Hewan ini pertama kali dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara. Saat ini juga ada yang memanfaatkan susunya.

5. Ikan 


Ikan merupakan anggota vertebrata poikilotermik yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Masyarakat banyak membudidayakannya untuk berbagai hal seperti : diambil daging, sisik, ataupun siripnya. Salah satu yang banyak dipelihara yaitu ikan nila. Tak sedikit kita jumpai orang yang membudidayakan ikan.

6. Kerang


Kerang banyak kita jumpai didaerah pesisir atau daerah berlumpur. Kerang memiliki cangkang yang keras dan sekaligus sebagai tempat ia hidup. Cangkang keras itulah yang banyak diburu manusia untuk dibuat menjadi pernak pernik aksesoris yang menarik. Selain itu, daging dari hewan ini juga bisa di konsumsi.

7. Itik


Itik termasuk kedalam spesies burung dangan familia anatidae. Itik memiliki kaki yang berselaput dan lebar untuk memudahkannya berjalan diatas lumpur. Tak sedikit orang memelihara hewan ini untuk diambil daging dan telurnya.















0 komentar: