Mengenal Hewan Yang Hidup Di Daerah Kutub


Assalamualaikum sodara..
Kalian pasti tahu dong kutub utara dan kutub selatan, pasti yang pertama kali terlintas di otak kalian saat mendengar kutub utara/kutub selatan adalah daerah yang dingin dan diselimuti es yang beku. Ternyata disana terdapat beberapa jenis mahluk hidup lo gaes! tidak hanya penguin dan beruang kutub saja ternyata. Di sini saya akan mengajak kalian untuk menjelajahi dunia kutub utara dan kutub selatan yang dingin. 


Macam-macam hewan yang hidup di kutub utara dan kutub selatan.

1. Penguin



Dikutip dari wikipedia, ternyata di dunia ini terdapat 16 jenis penguin. Salah satunya yaitu penguin galapagos yang hidup di daerah tropis. Wahh ternyata penguin nggak hanya hidup di daerah kutub saja ya. Spesies penguin terbesar yaitu penguin kaisar yang mencapai tinggi sekitar 1,1 meter dan berat 35 kg. Sementara spesies penguin terkecil yaitu penguin peri yang tingginya 40 cm dengan berat 1 kg. Penguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang, namun bisa berenang untuk mencari makan seperti ikan atau krill (sejenis udang). Penguin memilki kulit berwarna putih di bagian perut, dan hitam dibagian punggungnya. Penguin bisa berenang dengan kecepatan 7-12 km/jam.

2. Beruang Kutub



Beruang kutub memiliki nama ilmiah ursus maritimus. Dan termasuk mamalia besar dalam  marga biologi ursidae. Pada beruang jantan beratnya mencapai 400-600 kg dengan tinggi lebih dari 2 meter. Sementara sang betina memiliki berat dan tinggi setengah dari beruang jantan. Sama halnya dengan penguin, beruang kutub adalah perenang yang handal. Beruang kutub adalah hewan yang sabar saat mencari makan. Mereka menunggu mangsa berjam-jam saat sedang menyelam, begitu sang mangsa ke daratan, beruang langsung menerkamnya. Dalam berburu, beruang kutub biasa mencari ikan atau anjing laut. Meskipun terlihat lucu, sebenarnya hewan ini adalah hewan liar.

3. Anjing Laut



Anjing laut termasuk kedalam subordo pinnipedia. Namun ordo ini telah bergeser menjadi superfamilia. Pada umumnya anjing laut berkulit licin dan cukup besar. Spesies anjing laut terkecil yaitu arctocephalus galapagoensis yang memiliki berat sekitar 30kg. Sementara spesies terbesar yaitu anjing laut gajah selatan yang memiliki berat 2200 kg. Anjing laut adalah hewan karnivora yang biasa memakan krill,penguin, hingga anjing laut yang lain.

4. Atlantic Puffin



Atlantic puffin termasuk dalam keluarga auk. Termasuk dalam burung pelagis yang mempunyai keahlian khusus dalam menyelam mencari ikan. Biasanya burung ini juga memakan cumi-cumi dan krustasea. Dengan penampilan khas yaitu bulunya yang berwarna mencolok.

5. Kelinci Arktik



Hewan ini memiliki nama ilmiah lepus arcticus . Telinganya lebih pendek dan tebal. Memiliki bulu putih yang eksotis dan khas. Hewan ini telah beradaptasi di tundra, kasar beku. Kelinci ini sering menyendiri, tapi terkadang juga terlihat berkumpul bersama kelompoknya. Kelinci arktik bertahan hidup dengan memakan tanaman berkayu dan lumut. Di Amerika, hewan ini dijadikan sebagai hewan buruan untuk di konsumsi dan juga bulunya untuk membuat jaket.

6. Walrus



Walrus adalah satu-satunya spesies dalam keluarga odobenidae dan genus odobenus. Walrus memiliki ciri khas yaitu mempunyai gading. Mempunyai berat 1700 kg. dan termasuk hewan yang berumur panjang. Walrus pernah mengalami masa kepunahan karena dijadikan bahan perburuan. Namun dimasa sekarang keberadaannya mulai meningkat.


















0 komentar: